Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 11 Juni 2015

“Bunda, Aku Masuk Surganya Lewat Pintu Mana Ya?”



“Bunda, Aku Masuk Surganya Lewat Pintu Mana Ya?”
http://www.cerita-islami.com/wp-content/uploads/2015/02/surga.jpg“Bun, kata bu Wardah, Abu Bakar bisa masuk surga lewat pintu manapun yang disukainya karena Abu Bakar punya banyak jenis amalan shalihnya.” Ujar anak keduaku  mendekatiku saat aku sedang menghafalkan surat Al Insan sesudah shalat maghrib. Bu Wardah adalah guru tahfidznya di sekolah.
Aku menghentikan hafalanku dan memperhatikannya.
“Kalau aku, bisa masuk surganya lewat pintu mana ya Bun?” suaranya merendah, terdengar agak sedih.
“Kalau Bunda kayaknya ada pintu mencintai Al Qur’an ya.” Ujarnya sambil melirik AlQuran yang tengah kupegang. Anakku tahu, aku memang sangat ingin menghafalkan Al Qur’an dan juga berusaha mengimbangi hafalan anakku. Aku  berusaha menyetor hafalan secara rutin kepada ustadz setiap minggu. Walaupun sampai hari ini hafalanku ternyata masih belum seberapa Cuma aku tidak ingin hanya berharap anak menghafalkan AlQuran sementara aku tidak melakukan.
“Pintu sholat Bunda  juga,” katanya melanjutkan.
 “Kalau aku belum tahu mau lewat pintu mana,” suaranya lirih. Aku merangkulnya.
Aku merasa terharu mendengar kegundahan anakku sekaligus juga merasa bersyukur. Walaupun anak keduaku belum baligh, tapi dia sudah mulai berfikir mau masuk surga lewat pintu mana. sementara aku sendiri belum pernah benar-benar memikirkan akan masuk surga lewat pintu mana.  Astaghfirullah…!! Mudah-mudahan Allah mengampuniku dan mudah-mudahan Allah berkenan memasukkanku ke dalam surgaNya. Amin!.
Pembicaraanku dengan Syifa, putri keduaku ini telah menggugah keingintahuanku tentang nama-nama pintu surga yang belum sepenuhnya aku tahu.  ***
8 Pintu Surga
Delapan pintu surga itu adalah: (1) Pintu Shalat, (2) Pintu Sedekah, (3) Pintu Jihad, (4) Pintu Rayyan, (5) Pintu al-Ayman, (6) Pintu al-Kazhimina al-Ghaizha wa al-Afina ‘an an-Nas. Mengenai pintu sisanya para ulama berbeda pendapat. Pendapat-pendapat mereka didasarkan pada isyarat dari nash syariat. Yaitu: Pintu Taubat, Pintu Dzikir, Pintu Ridha, Pintu Ilmu, atau Pintu Haji.
Setiap pintu ini akan memanggil orang-orang yang memiliki keistimewaan dalam amalan tersebut. Barangsiapa yang banyak melaksanakan shalat, selain yang wajib, maka pintu shalat akan memanggilnya. Demikian juga dengan pintu-pintu yang lain. Hanya orang-orang yang amalannya istimewa dan luar biasa yang akan dipanggil dari pintu-pintu tersebut.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, niscaya ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, ini adalah kebaikan. Barangsiapa termasuk orang yang giat mengerjakan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa termasuk orang yang berjihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa termasuk orang yang rajin berpuasa, ia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan. Dan barangsiapa termasuk orang yang gemar bershadaqah, maka ia akan dipanggil dari pintu shadaqah”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Setelah sepakat dengan nama-nama empat pintu surga di atas, para ulama berbeda pendapat tentang nama-nama berikutnya.
Nama pintu kelima menurut hadits;
Dari Abu Hurairah, dalam hadits tentang syafaat Nabi dikatakan, “Wahai Muhammad, suruhlah umatmu (yaitu) orang-orang yang tidak dihisab untuk masuk ke dalam surga melalui pintu al-Ayman yang merupakan di antara pintu-pintu surga. Sedangkan pintu-pintu yang lain adalah pintu surga bagi semua orang”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Nama pintu keenam terdapat dalam hadits:
Dari al-Hasan secara mursal, “Sesungguhnya Allah memiliki sebuah pintu di surga, tidaklah yang masuk melaluinya kecuali orang-orang yang memaafkan kezaliman.” (HR. Ahmad).
Kemudian nama pintu berikutnya ada yang mengatakan adalah Pintu Haji dikarenakan haji termasuk ibadah yang agung dan bagian dari rukun Islam. Kemudian Pintu Dzikir atau Pintu Ilmu atau Pintu Taubat. Al-ilmu ‘indallah..
Semoga kita memiliki amalan instimewa untuk dapat dipanggil melalui pintu-pintu surgaNya. Amin.
Bogor, 3 Juni 2015.
(Sumber tulisan : http://kisahmuslim.com/8-pintu-surga-memanggil-abu-bakar/).

0 komentar:

Posting Komentar