RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tema : Binatang Kelas : B
Sub tema : Serangga Sentra :
Persiapan
Topik : Metamorphosis kupu-kupu
Indikator dan tujuan
pembelajaran
1.
Anak dapat mengenal perubahan bentuk
kupu-kupu.
2.
Anak memahami pengertian metamorphosis
4. Anak dapat memahami kosa kata baru, serangga,
metamorphosis dan kepompong
5.
Anak dapat membangun imajinasi dan
mengekspresikannya dalam bentuk gambar
6.
Anak dapat mencetak dan menggunting sesuai
pola.
7.
Anak dapat membuat kalimat yang terdiri dari
3 kata terkait tema.
8.
Anak dapat memahami angka 1-5.
Kosa kata :
Serangga, metamorphosis,
perubahan wujud, kepompong, ulat, kupu-kupu
Media Guru :
-
Program Animasi metamorphosis kupu-kupu di komputer atau laptop.
-
Buku-buku tentang serangga dan kupu-kupu
-
Papan tulis,
-
Sppidol
-
Lagu-lagu terkait tema.an
Media anak :
-
Alat menulis dan menggambar (kertas HVS,
pensil, krayon, pensil warna)
-
Alat untuk menggunting deng macam-macam pola
geometri dan garis.
-
Stempel huruf
-
Kartu huruf dan angka
-
Kartu kata
-
Puzzle serangga dan kupu-kupu
Strategi :
a.
Motivasi : agar anak mengetahui perubahann
wujud kuppu-kupu dan tahapannya.
b.
Prosedur kerja :
1. Memilih
pekerjaan
2. Memilih
teman
3. Bekerja
tuntas
4. Melapor
5. Beres-beres
6. Memilih
pkerjaan lain.
c.
Kegiatan :
1. Menggambar
bebas
2. Mencetak
pola kupu-kupu
3. Menulis
kartu kata
4. Bermain
puzzle
5. Menyetempel
huruf
6. Menyusun
kata-kata dari kartu huruf
7. Mencocokkan
angka sesuai gambar
d.
Pelaksanaan kegiatan :
1. Pijakan
awal :
-
Guru mengajak anak duduk melingkar, menyanyi
salam dan lagu tentang tema.
-
Guru menjelaskan tahapan-tahapan
metamorfosisi kupu-kupu dengan memperlihatkan animasi metamorphosis kupu-kupu
dari computer/laptop.
-
Guru menjelaskan aturan main di sentra persiapan
-
Guru menjelaskan prosedur kerja di sentra
persiapan
-
Guru mengajak berdoa sebelum bermain
-
Guru mengenalkan tempat dan area main,
kemuadian menyiapkan transisi anak untuk mulai bermain dan mengucapkan selamat
bekerja.
2. Pijakan
individu saaa main
-
Guru bergerak bebas di antara anak,
mengamati, mencatat interaksi main anak sesuai kebutuhan kerja saat itu.
-
Guru memberikan dukungan yang dibutuhkan
anak, mendukung anak mengikuti prosedur kerja.
-
Guru menjaga dan membantu anak konsisten
dengan urutan kerja danberusaha untuk mendukung keberhasilan anak dalan
interaksi kerjanya, baik pada saat main sendiri atau saat berinteraksi dengan
temannya.
-
Guru memberi tanda waktu (5-10 menit) lagi
sebagai tanda wakti transisi untuk menghentikan kegiatan.
-
Kegiatan beres-beres. Guru terlibat bersama
anak sebaggai modeling. Anak diajak menyimpan dengan mengemabalikan alat-alat
dan bahan main ke temaptnya sambil bernyanyi “beres-beres”. Tujuannya untuk
membuat suasan beres-beres menajdi menyenangkan.
3. Pijakan
setelah main (Recalling).
-
Guru mengajak anak duduk melingkar untuk
recalling
-
Anak menceritakan pengalamannya selama
bermain di sentra persiapan.
-
Guru mengajak anak lain untuk mendengarkan
temannya yang sedang bercerita dan sabar menunggu giliran.
-
Guru memberikan dukungan pada keberhasilan
anakhari itu dan harapan guru untuk pertemuan yang akan datang.
Pertanyaan :
1.
Sebutkan tahapan metamorphosis kupu-kupu
2.
Kenapa kupu – kupu mengalami metamorphosis
Evaluasi :
-
Pengamatan langsung, mencatat pilihan main
dan tahapannya.
-
Mengumpulkan hasil karya anak, menyimpulkan
ucapan.pernyataan dan pertanyaan anak.
0 komentar:
Posting Komentar