Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Februari 2014

RPP Metamorfosis




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Tema         : Binatang                                    Kelas : B
Sub tema   : Serangga                                   Sentra : Persiapan
Topik          : Metamorphosis kupu-kupu         

Indikator dan tujuan pembelajaran
1.   Anak dapat mengenal perubahan bentuk kupu-kupu.
2.   Anak memahami pengertian metamorphosis
3.   Anak mengenal bentuk dan warna
4. Anak dapat memahami kosa kata baru, serangga, metamorphosis dan kepompong
5.   Anak dapat membangun imajinasi dan mengekspresikannya dalam bentuk gambar
6.   Anak dapat mencetak dan menggunting sesuai pola.
7.   Anak dapat membuat kalimat yang terdiri dari 3 kata terkait tema.
8.   Anak dapat memahami angka 1-5.


Kosa kata :
Serangga, metamorphosis, perubahan wujud, kepompong, ulat, kupu-kupu

Media Guru :
-      Program Animasi metamorphosis kupu-kupu  di komputer atau laptop.
-      Buku-buku tentang serangga dan kupu-kupu
-      Papan tulis,
-      Sppidol
-      Lagu-lagu terkait tema.an
Media anak :
-      Alat menulis dan menggambar (kertas HVS, pensil, krayon, pensil warna)
-      Alat untuk menggunting deng macam-macam pola geometri dan garis.
-      Stempel huruf
-      Kartu huruf dan angka
-      Kartu kata
-      Puzzle serangga dan kupu-kupu

Strategi :
a.   Motivasi : agar anak mengetahui perubahann wujud kuppu-kupu dan tahapannya.
b.   Prosedur kerja :
1.   Memilih pekerjaan
2.   Memilih teman
3.   Bekerja tuntas
4.   Melapor
5.   Beres-beres
6.   Memilih pkerjaan lain.

c.   Kegiatan :
1.   Menggambar bebas
2.   Mencetak pola kupu-kupu
3.   Menulis kartu kata
4.   Bermain puzzle
5.   Menyetempel huruf
6.   Menyusun kata-kata dari kartu huruf
7.   Mencocokkan angka sesuai gambar

d.   Pelaksanaan kegiatan :
1.   Pijakan awal :
-      Guru mengajak anak duduk melingkar, menyanyi salam dan lagu tentang tema.
-      Guru menjelaskan tahapan-tahapan metamorfosisi kupu-kupu dengan memperlihatkan animasi metamorphosis kupu-kupu dari computer/laptop.
-      Guru menjelaskan aturan main  di sentra persiapan
-      Guru menjelaskan prosedur kerja di sentra persiapan
-      Guru mengajak berdoa sebelum bermain
-      Guru mengenalkan tempat dan area main, kemuadian menyiapkan transisi anak untuk mulai bermain dan mengucapkan selamat bekerja.

2.   Pijakan individu saaa main
-      Guru bergerak bebas di antara anak, mengamati, mencatat interaksi main anak sesuai kebutuhan kerja saat itu.
-      Guru memberikan dukungan yang dibutuhkan anak, mendukung anak mengikuti prosedur kerja.
-      Guru menjaga dan membantu anak konsisten dengan urutan kerja danberusaha untuk mendukung keberhasilan anak dalan interaksi kerjanya, baik pada saat main sendiri atau saat berinteraksi dengan temannya.
-      Guru memberi tanda waktu (5-10 menit) lagi sebagai tanda wakti transisi untuk menghentikan kegiatan.
-      Kegiatan beres-beres. Guru terlibat bersama anak sebaggai modeling. Anak diajak menyimpan dengan mengemabalikan alat-alat dan bahan main ke temaptnya sambil bernyanyi “beres-beres”. Tujuannya untuk membuat suasan beres-beres menajdi menyenangkan.

3.   Pijakan setelah main (Recalling).
-      Guru mengajak anak duduk melingkar untuk recalling
-      Anak menceritakan pengalamannya selama bermain di sentra persiapan.
-      Guru mengajak anak lain untuk mendengarkan temannya yang sedang bercerita dan sabar menunggu giliran.
-      Guru memberikan dukungan pada keberhasilan anakhari itu dan harapan guru untuk pertemuan yang akan datang.
Pertanyaan :
1.   Sebutkan tahapan metamorphosis kupu-kupu
2.   Kenapa kupu – kupu mengalami metamorphosis
Evaluasi :
-      Pengamatan langsung, mencatat pilihan main dan tahapannya.
-      Mengumpulkan hasil karya anak, menyimpulkan ucapan.pernyataan dan pertanyaan anak.



0 komentar:

Posting Komentar