Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 31 Desember 2018

Senangnya dibacain buku....


'Kakak... bacain aku buku dong...! " ujar Faqih setengah berteriak masuk ke rumah kakak Zahra.,


Faqih, 4 tahun, siswa kelas A PAUD Rumah Cendekia, Bogor  ini datang ke rumah Kak Zahra, tetangganya, minta dibacain buku. Biasanya dia dibacakan buku oleh ibunya. Tapi karena ibunya masih repot memasak, sang ibu menyuruh Faqih main ke rumah Kakak minta tolong kakak yang membacakan buku.

Semenjak adanya program literasi keluarga di sekolahnya, Faqih sekarang jadi sangat senang berinteraksi dengan buku. Tidak cuma saat berada di rumah dengan orang tuanya Faqih minta dibacakan buku, tapi juga Faqih senang minta dibacakan buku oleh tetangganya, terutama keluarga Kakak Zahra yang memang sehari-hari sangat dekat dengan Faqih. 

Nggak cukup satu buku, biasanya Faqih minta dibacakan beberapa buku sekaligus. Kadang-kadang malah sang Kakak yang nyerah, "Udah ah Dek.. Udah ya baca bukunya.. Kakak cape,"  

***
Program Literasi keluarga yang saat ini tengah marak disosialisasikan di lembaga PAUD yang beralamat di Perumahan Bukit Asri, Ciomas Bogor ini, bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak-anak untuk membaca buku sejak dini. Program ini diusahakan dapat berjalan secara berkesinambungan baik di sekolah maupun di rumah. 

Di sekolah disediakan fasilitas membaca buku dengan adanya  pojok baca di setiap kelas. Buku-buku di pojok baca sebagian diperoleh dari sumbangan beberapa donatur dan sebagian lagi dibeli dengan kas sekolah. Selain itu, di rumahpun orang tua dimotivasi untuk membuat pojok baca buat anak-anaknya. Pojok baca yang dibuat di rumah tidak harus bagus dan wahh.. Yang penting ada tempat khusus yang menjadi pengingat bahwa anak butuh untuk dibacakan buku oleh orang tuanya. Karena pada prinsipnya pada usia dini anak-anak bisa dibiasakan berinteraksi dengan buku dengan cara orang tuanya yang membacakan buku. Dengan orang tua rutin membacakan buku untuk anak-anaknya, maka masa peka anak-anak untuk membaca lebih cepat muncul. 


Dengan adanya pojok baca ini, serta motivasi yang diberikan kepada anak-anak, saat ini terlihat anak-anak menjadi sangat senang dibacakan buku. Bahkan lebih jauh hal yang menggembirakan adalah anak juga senang membaca buku sendiri sesuai dengan tahapan perkembangannya. 


Seperti hal nya Zendi, siswa kelas B Paud Rumah Cendekia ini juga  sudah semakin akrab dengan buku. 

Saat Zendi Sakit dan di rawat di rumah sakit karena terserang penyakit  typus, Zendi tetap minta dibacakan buku oleh ayahnya. "Bosan di rumah sakit, katanya. 

Buat Zendi membaca buku dapat membuang kebosanannya selama dia berhari-hari di rawat di rumah sakit. 

Setelah pulang dari rumah sakit, saat kontrol ke dengan orang tuanya, sambil menunggu waktu sebelum diperiksa oleh dokter Zendi juga minta orang tuanya membacakan  buku. Untungnya orang tua Zendi sudah mempersiapkan buku-buku dan membawa buku ke rumah sakit. Sehingga Zendi bisa mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat sambil menunggu dia diperiksa oleh dokter.
Semangat terus Zendi..!!



0 komentar:

Posting Komentar