Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 30 Desember 2018

Membangun Budaya Membaca Anak Usia Dini di PAUD Rumah Cendekia

PAUD Rumah Cendekia yang berlokasi di Perumahan Bukit Asri Ciomas, Bogor, berkeinginan kuat untuk mengantarkan anak-anak menjadi generasi yang cinta membaca dan cinta ilmu. Hal tersebut dapat dilihat dari visi lembaga,"Mewujudkan generasi robbani yang sehat, kreatif, berwawasan lingkungan dan cinta ilmu."
Untuk mewujudkan harapan tersebut, pada tahun 2017, ditetapkan tema tahunan "Aku Cinta Membaca". Sarana-dan prasarana sekolahpun diperlengkapi untuk mensukseskan tema tahunan tersebut. Beberapa diantaranya adalah menambah koleksi buku dan melengkapi pojok baca di tiap kelas.

Selain itu juga dirancang tema pembelajaran kegiatan yang mendukung tema tahunan tersebut, seperti berkunjung ke perpustakaan, membuat buku sesuai tema dan lain-lain.


Pada tahun ajaran 2018/2019 sekolah juga kembali menetapkan tema tahunan untuk mempertajam semangat cinta membaca ini serta ditambah dengan tema lingkungan, yaitu "Cinta Buku dan Cinta Lingkungan". Tiap hari Rabu setiap minggu dijadikan sebagai hari khusus kegiatan membacakan buku untuk anak-anak serta kegiatan berkebun. Untuk menumbuhkan minat baca anak-anak tersebut orang tua dilibatkan secara optimal. orang tua diminta jadi relawan membacakan buku buat anak-anak di sekolah.


Pada awal tahun 2018, saat Program Gernas Baku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku) diluncurkan oleh Direktorat pembinaan Pendidikan Keluarga, Paud Rumah Cendekia sangat antuasia untuk mengikuti program tersebut. Dengan mengikuti program Gernas Baku ini diharapkan menambah motivasi baik sekolah maupun orang tua untuk  membimbing anak-anak menjadi generasi cinta baca dan cinta ilmu.
Semoga bisa terwujud. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

0 komentar:

Posting Komentar