Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 29 Desember 2018

Program Gernas Baku di PAUD Rumah Cendekia, Ciomas, Bogor


DINAMIKA KEGIATAN “SEMARAK GERNAS BAKU”
 DI PAUD BAI RUMAH CENDEKIA
CIOMAS, BOGOR, JAWA BARAT
SABTU, 5 MEI 2018

Kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) yang puncaknya dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2018, merupakan kegiatan yang digagas oleh Direktorat Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republic Indonesia. Gerakan ini dilakukan untuk mendukung inisiatif keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan, baik di rumah, di satuan PAUD maupun dimasyarakat. Orang tua, warga sekolah maupun masyarakat diharapkan terlibat aktif mendukung gerakan ini.
Melalui Gernas Baku ini, dengan membangun kebiasaan orang tua  membacakan buku untuk anak-anaknya, diharapkan dapat mempererat hubungan emosional antara anak dan orang tua dan juga diharapkan dapat menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Karena dalam  era digital saat ini, tantangan meningkatkan  minat baca anak cukup berat. Dari hasil survey BPS tahun 2015, sebanyak 91,47% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi, dan hanya 13,11% anak yang suka membaca. Padahal kemampuan literasi merupakan salah satu unsur penting dalam kemajuan sebuah negara di era globalisasi ini.
Kegiatan Gernas Baku yang digagas oleh Direktorat Pendidikan Keluarga Kemendikbud ini disambut sangat antusias oleh segenap komponen di Paud BAI Rumah Cendekia,.  Lembaga pendidikan anak usia dini yang beralamat di Perumahan Bukit Asri Blok B15 No. 11B, Ciomas Bogor, Jawa Barat ini dari awal sudah berkomitmen untuk mewujudkan anak-anak yang cinta membaca sejalan dengan visi lembaganya Mewujudkan Generasi Qur’ani, Mandiri dan Cinta Ilmu. Salah satu penjabaran dari visi “cinta ilmu” dari lembaga ini adalah mewujudkan anak-anak yang dekat dengan buku serta senang membaca. Karena itu, tahun ajaran 2017/2018 di PAUD BAI Rumah Cendekia telah dicanangkan sebagai ”Tahun Buku” . Pencanangan tahun 2017/2018 sebagai “Tahun Buku” diikuti dengan program kegiatan di PAUD Rumah Cendekia yang mendukung yaitu antara lain salah satu tema pembelajaran di tahun ajaran 2017/2018 ini adalah “Aku Senaang Membaca”. Kegiatan outing class juga dirancang untuk mendukung program “Tahun Buku” yang salah satu kegiatannya adalah berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Bogor pada akhir tahun 2017. Selain itu dalam kegiatan pada tema pembelajaran yang lain selalu diupayakan agar konsep “Cinta Buku” tertanam dalam diri anak-anak. Perpustakaan dan pojok baca juga diadakan di masing-masing kelas agar memudahkan anak untuk membaca buku dalam kegiatan keseharian.
Pelaksanaan Gernas Baku di PAUD Rumah Cendekia dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahapan pertama dimulai dengan sosialisasi pada bulan April sampai dengn 4 Mei 2018, dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan puncak pada  hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2018. Setelah penyelenggaran kegiatan  puncak pada tsnggsl 5 Mei 2018,  kegiatan Gernas Baku dilanjutkan dengan  tahapan berikutnya  yang merupakan bentuk Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) Gernas Baku setelah tanggal 5 Mei 2018 dan  berkelanjutan sampai saat ini..  Semua rangkaian kegiatan ini melibatkan orang tua siswa, guru, pengelola, pengurus yayasan serta siswa-siswi PAUD Rumah Cendekia.

Tahapan Soaialisasi dan Persiapan
Sosialisasi Gernas Baku di PAUD BAI Rumah Cendekia dilaksanakan dalam beragam kegiatan. Diawali dengan penyebaran informasi kegiatan Gernas Baku secara langsung ataupun melalui media sosial kepada orang tua, guru, pengurus yayasan dan juga para siswa. Selanjutnya di PAUD juga dilakukan optimalisasi dan pembenahanPojok Baca yang sudah ada di masing-masing kelas. Anak-anak juga dimotivasi lagi untuk berinteraksi dengan buku dalam rangka menyambut dan mensukseskan Gernas Baku.
Kegiatan sosialisasi lain yang dilakukan adalah kegiatan Parenting pada tanggal 27 April 2018.. Parenting terutama ditujukan untuk orang tua dan pengurus yayasan. Dalam kegiatan parenting yang diisi oleh ibu Irna, S.TP, M.Pd sebagai nara sumber sekaligus adalah Kepala Sekolah PAUD RumahCendekia, dijelaskan tentang manfaat membaca serta membaca dikaitkan dengan tahapan perkembangan anak. Disampaikan juga bahwa saat ini banyak terjadi kekeliruan dari orang tua ataupun guru yang mengajarkan calistung kepada anak dengan cara tidak tepat dan tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kekeliruan dalam pengajaran Calistung tersebut dapat berakibat negatif  terhadap perkembangan anak. Padahal yang seharusnya dilakukan oleh orang tua adalah menstimulus kecintaan anak untuk membaca dengan berbagai cara yang menarik termasuk di antaranya dengan cara membacakan buku untuk anak-anaknya.

Setelah kegiatan Parenting dilaksanakan, diadakan sesi khusus untuk orang tua membahas tahapan Gernas Baku secara detil mulai dari persiapan, kegiatan puncak dan RKTL Gernas Baku. Hal ini penting sekali dilakukan karena keterlibatan orang tua mutlak sangat dibutuhkan agar Gernas baku  ini bisa berkelanjutan. Dengan orang tua paham tujuan dan tahapan Gernas Baku ini, diharapkan akan menggugah kesadaran mereka akan pentingnya peran orang tua untuk membacakan buku bagi anak-anaknya, sehingga tujuan dari Gernas Baku benar-benar dapat direalisasikan.
Pertemuan parenting dan sosialisasi juga diisi dengan tutorial teknik bercerita yang menarik buat anak-anak. Orang tua dalam kesempatan tersebut diajarkan cara membuat  boneka jari sederhana yang dapat digunakan saat membacakan buku kepada anak-anaknya.
Sebagai tindak lanjut kegiatan sosialisasi di sekolah, orang tua dimotivasi untuk menyediakan buku sendiri yang akan dibacakan pada Gernas baku. Orang tua juga disarankan untuk pergi ke toko buku dengan anaknya, membeli buku yang akan dibacakan orang tuanya pada saat Gernas Baku. Kegiatan membeli buku sebetulnya tidak wajib, anak-anak diizinkan membawa buku yang sudah dimiliki di rumah, bahkan kalau tidak memiliki buku di rumah boleh menggunakan buku yanga ada di sekolah. Tapi bagi yang memungkinkan, kegiatan pergi ke toko buku sangat disarankan. Hal ini bertujuan agar kegiatan Gernas Baku dapat memberikan kesan yang mendalam bagi anak, bahkan sampai dia besar nantinya.
Sebelum Puncak kegiatan Gernas Baku di tanggal 5 Mei, sekolah  menyarankan sekali agar orang tua mulai melakukan kegiatan pendahuluan dengan  membacakan buku di rumah untuk anak-anaknya. Untuk lebih memotivasi, Foto-foto kegiatan pendahuluan Gernas Baku , baik kegiatan memmbeli buku di toko buku ataupun  membacakan buku di rumah dikirimkan ke grup WA sekolah. 

Untuk lebih memotivasi anak-anak datang pada kegiatan Gernas Baku, maka sekolah juga mencetak undangan khusus untuk anak-anak, selain undangan kepada orang tua. Undangan yang khusus ditujukan kepada anak tersebut, didesain semenarik mungkin serta berwarna, sehingga anak-anak sangat senang menerima undangan tersebut. Perlengkapan lain yang juga dicetak untuk mendukung terselenggaranya kegiatan Gernas baku adalah spanduk dan stiker Gernas baku.

Kegiatan Puncak Gernas Baku, 5 Mei 2018
Penyelenggaraan kegiatan puncak Gernas Baku di PAUD BAI Rumah Cendekia dilakukan sesuai juknis Pelaksanaan Gernas Baku yaitu pada tanggal 5 Mei 2018, mulai jam 07.30-09.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah baik di dalam maupun di luar ruangan belajar. Kegiaatan pembukaan dilaksanakan di saung yang terdapat di halaman sekolah. Sementara untuk kegiatan orang tua membacakan buku, orang tua diberikan kebebasan untuk memilih tempat yang paling nyaman.
Kegiatan diawali dengan penyambutan dan mengisi buku tamu kegiatan. Kemudian orang tua dan anak diminta untuk menuliskan buku yang dibacakan. Kegiatan pembukaan dimulai pukul 08.10 WIB, diawali dengan pengarahan dari kepala sekolah, doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia raya serta menyanyikan lagu Gernas Baku bersama-sama. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan acara inti orang tua membacakan buku yang dibawa dari rumah kepada anak-anaknya. Orang tua dan anak bebas memilih tempat untuk membaca buku.  Ada orang tua yang membacakan buku di ayunan, di perosotan, di tempat tidur di ruang sentra main peran, bahkan ada juga yang membacakan buku di kebun sekolah.

Setelah selesai membacakan buku, anak dan orang tua kembali berkumpul di saung untuk penutupan. Dalam acara penutupan disampaikan penguatan terhadapa kegiatan Gernas Baku yang telah dilaksanakan. Dilanjutkan dengan testimoni orang tua terhadap acara yang telah dilakukan. Testimoni disampaikan oleh Ayah Afkar dan Bunda Arkan. Para orang tua menyatakan sangat senang dan sangat mendukung acara yang dilakukan dan berharap acara gernas baku ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Dalam acara penutupan disampaikan Rencana kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) yang akan dilaksanakan.

Rencana Kegiatan Tindak lanjut (RKTL)
Saat penutupan acara puncak Gernas Baku, disepakati beberapa rencana tindak lanjut setelah Gernas Baku yang ingin direalisasikan. Rencana tersebut adalah : Pertama orang tua berkomitmen untuk mulai rutin membacakan buku terhadap anak-anaknya, kedua orang tua sangat dianjurkan untuk mengajak anaknya mengunjungi perpustakann daerah ataupun kegiatan pameran buku. Dalam waktu dekat dianjurkan agar orang tua dan anak untuk berkunjung ke pameran buku Bogor Islamic Book Fair pada pertengahan Mei 2018 yang dilaksanakan di bogor Trade Mall. Ketiga direncanakan untuk melaksanakan kegiatan orang tua membacakan buku pada anak di sekolah dilakukan secara kontinyu, bisa setiap tiga bulan atau enam bulan sesuai dengan kesepakatan. Keempat orang tua dan anak menyebarluaskan informasi Gernas Baku dengan menyebarkan stiker Gernas Baku yang sudah disediakan sekolah baik di rumah ataupun di tempat-tempat lain yang memungkinkan.
Selanjutnya dari sekolah juga meminta kepada orang tua untuk menjadi relawan membacakan buku kepada anak-anak di sekolah. Kegiatan ini mulai direalisasikan pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, dimana pada hari tersebut Bunda Zubair membacakan buku kepada anak-anak di sekolah. Kegiatan ini diharapkan nanti dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kisah-kisah Seru Seputar Genas Baku
“Abi harus ke sekolah besok ya. Kata Bu Guru Abi harus datang besok ke sekolah untuk Gernas Baku,” kata Caca siswa kelas A Paud Rumah Cendekia, sore jum’at tanggal 4 Mei 2018 di tempat kerja ayahnya. Sore itu Caca sengaja meminta Uminya untuk mengantarkannya ke tempat kerja Abinya di Kampus IPB Baranangsiang hanya karena  Caca ingin memastikan bahwa  Abinya akan mengikuti Gernas Baku di hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018. Malam harinya Caca sibuk menyiapkan buku yang akan dibaca sampai-sampai nyaris nggak bisa tidur karena ingin segera ke sekolah bersama Abi untuk ikut Gernas baku.
Beda lagi ceritanya dengan Irfan, siswa kelas B Paud Rumah Cendekia. Sebetulnya keluarga Irfan  Sabtu tanggal 5 Mei tersebut harus berangkat ke Jakarta karena ada bibi dari ibunya yang sakit. Bunda Irfan sudah  memberitahukan kepada guru bahwa hari ini tidak bisa ikut kegiatan Gernas Baku karena harus ke Jakarta. Namun Irfan ternyata bersikeras tidak mau ikut ayah dan Bundanya ke Jakarta sebelum Gernas Baku dulu ke sekolah. Kata Irfan,”Irfan dapat undangan Bunda, jadi Irfan harus berangkat ke sekolah karena sudah diundang sama Bu Guru,”. Alhamdulillah, ternyata ada hikmahnya Bu Guru mendesain undangan yang bagus dan khusus untuk anak-anak sehingga mereka merasa sangat diistimewakan telah diundang secara khusus dan harus memenuhi undangan bu guru.
Saat sosialisasi juga ada cerita yang tak kalah menarik seperti yang diceritakann Bunda Afkar.  Karena sekolah menyarankan orang tua untuk membawa anaknya ke toko buku dan membacakan buku untuk anaknya sebelum Gernas Baku, kemudian didokumentasikan dan dishare di grup WA sekolah, sehingga grup WA sekolah sangat semarak dengan foto-foto kegiatan tersebut.  Bunda Afkar mempelihatkan foto-foto tersebut kepada Afkar dan adiknya Afnan. Afkar dan Afnan sangat senang dan bersemangat minta kepada Bundanya malam-malam  itu untuk membaca buku.
Hanya  beberapa penggalan kisah di atas yang dapat dituliskan di ruang yang sangat  terbatas ini, walaupun sebetulnya masih banyak cerita lain terkait Gernas Baku di PAUD Rumah Cendekia Ciomas Bogor. Namun dari beberapa penggalan kisah di atas dapat dilihat bahwa ternyata kegiatan membaca buku dapat menjadi sangat menarik bagi anaak-anak bila dirancang dan dikemas secara kreatif.  Mudah-mudahan penggalan kisah di atas dapat menjadi inspirasi kita semua untuk melakukan hal-hal yang lebih kreatif sehingga anak-anak kita akan menjadi generasi yang cinta membaca dan  kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan menjadi semakin baik. Aamiin..!
Lanjutkan GERNAS BAKU..!!

Bogor, 10 Mei 2018

1 komentar:

  1. Lucky Club | Live Blackjack & Roulette - Live Dealer
    Lucky luckyclub Club offers an elegant setting, all the fun of the city. Join the new club at the Lucky Club, an exciting world-class casino in the heart of

    BalasHapus