Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 30 Desember 2018

Pojok Baca, Sarana bagi Anak untuk Membaca di Rumah dan Sekolah


Untuk memotivasi anak agar lebih tertarik  membaca buku di sekolah, maka PAUD Rumah Cendekia membuat pojok baca baru yang lebih besar dan lebih menarik buat anak-anak. Sebetulnya sebelumnya setiap kelas sudah memiliki pojok baca di masing-masing kelas. Tapi pojok bacanya hanya berupa rak buku yang kecil  dengan beberapa koleksi buku. Tempat duduk anak-anak membaca buku tidak dibuat khusus. Hiasan dan backgroundnya juga seadanya tidak dibuat khusus



Pojok baca yang baru dibuat yang lebih besar dan diperlengkapi koleksi buku-buku baru. Alas duduknya menggunakan matras huruf agar anak-anak bisa nyaman duduk di pojok baca. Selain itu juga dilokasi pojok baca tersebut ditaruh dua buah bantal agar anak-anak bisa membaca dengan santai atau membaca sambil tidur-tiduran. Hiasannya juga dibuat lebih menarik dengan lukisan dinding yang cerah sehingga anak-anak merasa betah untuk duduk dan bermain di pojok baca sekolah. 


Program sekolah harus didukung dan ditindaklanjuti dalam keluarga agar bisa mendapatkan hasil
yang diharapkan. Karena bagaimanapun tidak bisa dipungkiri bahwa waktu anak sehari-hari jauh lebih banyak di rumah bersama keluarga dibandingkan dengan di sekolah. Untuk itulah PAUD Rumah Cendekia melaksanakan program "sinergitas" antara sekolah dan keluarga. 
Kegiatan menumbuhkan minat baca dan literasi keluarga merupakan salah satu program unggulan PAUD Rumah Cendekia, sehingga keluarga dimotivasi secara optimal untuk melaksanakan program ini di rumah. Salah satu bentuk dukungan yang diharapkan adalah keluarga juga membuat pojok baca di rumah utuk anak-anaknya. Semua anggota keluarga, baik ayah, ibu, kakak dan adik diharapkan berkolaborasi untuk membuat pojok baca bagi anak di rumah.

Setelah program ini disosialisasikan dan keluarga diminta untuk merealisasikan, hasil yang diperoleh sangat menggembirakan, karena hampir seratus persen keluarga membuatkan pojok baca untuk anak-anaknya. 


Ternyata kegiatan membuat pojok baca dan membacakan buku kepada anak-anak menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Kedekatan antara orang tua dan anak juga terjalin semakin baik.



0 komentar:

Posting Komentar