Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Februari 2014

TIK untuk Long Distance Education

Illustration : Edward Schnurr (University Affairs.ca)


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Pembelajaran jarak jauh dirancang untuk melayani pembelajar dalam jumlah yang besar dengan latar belakang pendidikan, usia, dan tempat tinggal yang beragam. Dengan demikian, pembelajaran jarak jauh untuk mengatasi batasan jarak, tempat, waktu, dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Oleh karena itu, pembelajaran jarak jauh memiliki karakteristik atau ciri yang khas yang berbeda dengan sistem pendidikan yang diselenggarakan konvensional secara tatap muka. Karakteristik itu adalah terpisahnya secara fisik antara aktivitas pengajar dan pembelajar dan tidak ada tatap muka secara langsung, sehingga terjadi keterbatasan proses pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk tatap muka. Terpisahnya pengajar dan pembelajar karena adanya tempat tinggal pembelajar yang jauh dengan lembaga pendidikan, atau karena adanya tempat tinggalnya dekat dari lembaga pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara langsung.

Untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran jarak jauh yang tidak ada tatap muka, maka pembelajaran dilengkapi dengan penggunaan media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengajar dan pembelajar sehingga memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pengajar dan pembelajar tidak harus berada dalam satu tempat yang sama. Pembelajar dapat menentukan waktu belajarnya, kapan dan dimana saja, sesuai dengan kecepatan dan gaya belajarnya. Media pembelajaran utama dalam pembelajaran jarak jauh pada awalnya hanya modul, namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, muncul media pembelajaran berbasis computer, audio, video, media non cetak, multimedia, jaringan internet, dan lain-lain.Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan jarak jauh memiliki berbagai hambatan terutama dalam akses jaringan.Jenjang pendidikan yang saat ini menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh adalah Perguruan Tinggi UT (Universitas Terbuka).
Oleh karena itu, berdasarkan uraian latar belakang  di atas maka penulis tertarik untuk membuat makalah yang mengkaji seluk beluk  tentang implementasi penggunaan media TIK dalam pendidikan jarak jauh di Universitas Terbuka.

untuk membaaca selengkapnya silakan unduh file disini

0 komentar:

Posting Komentar