Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Februari 2014

Guru : Ujung Tombak Kurikulum



Ilustrasi : kouzinet.blogspot.com

Guru : Ujung Tombak Implementasi Kurikulum
Oleh : Irna Syahrial
Mahasiswa Pasca Sarjana - S2 PAUD UNJ
Perubahan atau revisi kurikulum merupakan sebuah kewajaran untuk menyikapi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan revisi kurikulum ini dharapkan peserta didik akan mampu mendapatkan pengetahuan yang selaras dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Semenjak kemerdekaan telah terjadi sepuluh kali perubahan kurikulum.
Kurikulum pertama adalah kurikulum Rentjana peladjaran 1947 ( baru dilaksanakan pada tahun 1950) dan terakhir Kurikulum 2013 yang sampai saat ini masih membutuhkan banyak pembenahan agar dapat diimplementasikan secara menyeluruh.

Seberapapun kurikulum dirubah dan direvisi dengan pembelajaran yang lebih berorientasi pada peserta didik,, namun dari kenyataan di lapangan terlihat pendekatan pembelajaran masih tidak beranjak dari pengajaran konvensional, dimana guru masih mendominasi (teacher center). Dalam konten pengajaranpun masih lebih berorientasi pada transfer of knowledge bukan pembentukan karakter seperti yang diharapkan dalam Kurikulum 2013. Dimana letak kesalahannya, apakah kurikulum yang digunakan kurang bagus ataukah ada sebab lain?
Pelatihan guru yang memadai
Sampai saat ini, menurut Prof. Tilaar, Guru besar UNJ, perubahan kurikulum masih pada tataran mengutak-atik mata pelajaran yang diistilahkan dengan lapangan pacu, belum menyentuh pada proses belajar mengajar yang menekankan pada peserta didik yang aktif dibawah bimbingan seorang guru yang kreatif yang diistilahkan sebagai kuda dan jokinya. 

Selanjutnya silakan unduh di sini

0 komentar:

Posting Komentar